3 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Dana Terbatas


 

3 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Dana Terbatas

Bagaimana caranya untuk mengembangkan bisnis jika dana yang saya milikki terbatas?

Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di benak Anda.

Ada banyak bisnis kecil yang akhirnya bangkrut karena terjebak dengan channel marketing  yang salah.

Mereka menghabiskan banyak uang mereka di iklan dimana biaya iklan tersebut mahal karena tingkat konversi yang rendah.

Ada beberapa penyebab bisnis yang terbatas modalnya gagal bertumbuh:

1. Kurangnya channel pemasaran

Padahal channel pemasaran itu ada banyak

Offline ada : Radio, Televisi, Koran, Brosur, Seminar, dan lain lain

Kalau online juga banyak : ada Social Media seperti : Instagram, Facebook, LINE@ ,

Ada juga, SEO, Adwords, Email Marketing dan lain lain

Juga ada Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee

Terkadang orang hanya tahunya instagram yaudah berarti instagram saja. Tidak mencoba untuk belajar yang lain. Alhasil, mereka menyerah karena kekurangan informasi

2. Fokus di channel pemasaran yang salah

Semua channel pemasaran itu ada marketnya masing – masing. Kalau Anda menggunakan TV yang harus bayar ratusan juta hanya untuk menjual kaos polos anda, jauh lebih efektif ketika menggunakan media online seperti Facebook & Instagram bukan? So…. Anda harus tahu dulu dan belajar pemasaran. Anda bisa belajar Pemasaran Internet di ALONA disini.

 

3. Tidak tahu siapa target market Anda

Jawab dalam hati

Siapa Target Market Anda?

Dimana Mereka Berkumpul?

Apa Yang Bisa Anda Tawarkan?

Kalau anda sudah ketemu jawabannya, segera tawarkan ke mereka. Mungkin ada yang menjawab ” Oh…. target marketku ibu2 arisan, mereka berkumpul di tempat arisan ” yang bisa anda tawarkan adalah cemilan.

Saya harus ke arisan nya terus nyelonong gitu? Ya enggaklah…

Anda bisa mengajak salah satu ibu – ibu itu untuk membantu menjualkan produk Anda. Bisa jadi anda kasih sample gratis agar ibu – ibu tersebut mencicipinya. Jika ENAK, otomatis dia akan menyebarkan berita kebaikan tentang produk Anda, NANGKEP ??!

Lanjut……

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui siapa target market Anda, siapa yang akan membeli produk Anda dan apa nilai unik atau value dari bisnis Anda sendiri.

Saya sangat menyarankan pengusaha pemula untuk menggali lebih dalam siapa calon pembeli idealnya.

Setelah itu, gunakan 3 cara ini jika dana Anda terbatas untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Edukasi calon pembeli Anda

Cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan yang setia adalah mengedukasi mereka dan membantu mereka untuk menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Anda bisa membagikan konten-konten berkualitas dan relevan dengan masalah mereka secara rutin.

Jika Anda melakukannya dengan benar, bahkan tanpa promosi sekalipun mereka akan membeli produk/jasa Anda dengan sendirinya.

Contoh : Bisa anda memulai dari online ataupun offline..

Memulai dari menawarkannya dan menceritakan dengan jelas.
Kalau makanan… temen suruh cicip

Kalau baju… temen suruh pakai / kalau bukan temen, mulai dari cerita di social media tentang kualitas bajunya.

Ingat anda harus punya pembeda yang bisa diceritakan. Tanpa di edukasi, konsumen tidak akan peduli dan membeli produk Anda

2. Bangun list database sejak dini

Jangan hanya fokus membangun list, tapi pastikan Anda juga menjalankan interaksi timbal-balik dengan list Anda baik itu via Email, sosial media dan channel-channel lainnya.

Ingat, Anda tidak harus menjadi pembuat konten atau cerita. Anda bisa saja menulis ulang dan membagikan konten orang lain yang bermanfaat untuk list Anda.

Contoh : Saya mengumpulkan data pembeli produk saya sampai sekarang di Email & BBM, sewaktu – waktu jika ada produk baru saya bisa saja menawarkan ke mereka.

Lebih mudah menawarkan ke orang yang sudah membeli daripada harus mencari konsumen baru.

Hampir 50% bisnis close kebanyakan datang dari repeat order. Ga percaya? Praktek & Gunakan Database mu!

3. Gunakan daya ungkit – pelanggan Anda

Pelanggan Anda bisa menjadi testimoni terbaik untuk bisnis Anda. Tentunya itu bakal menjadi daya ungkit ‘gratis’ yang luar biasa.

Anda bisa membuat program referensi agar pelanggan Anda merekomendasikan bisnis Anda ke teman-temannya. Marketing mulut ke mulut atau Word of Mouth (WoM) sering kali sangat ampuh untuk mendatangkan pembeli baru ke bisnis Anda.

Prioritaskan pelanggan Anda. Selalu menjaga komunikasi yang baik dengan mereka via sosial media yang ada ataupun via email jika Anda mengumpulkan list email.

Sering – sering deh upload testimoni. Ceritain tentang testimoni konsumen yang udah beli produk ke calon konsumen baru. Sering pasang DP BBM, Line, Facebook, Website. Ceritakan betapa konsumen Anda puas dengan produk yang anda jual.

Jadikan konsumen sebagai alat marketing karena mereka benar – benar puas!

Baik…

Semoga informasi yang saya share bermanfaat untuk teman – teman semua

SHARE YA dan sebarkan berita kebaikan ini ke teman – teman yang ingin bisnis online tetapi punya dana yang terbatas

Terima Kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: